Apakah Boleh Menggunakan Charger MacBook Air di MacBook Pro (dan Sebaliknya)?

Apakah Boleh Menggunakan Charger MacBook Air di MacBook Pro (dan Sebaliknya)?

0

Apakah Bisa Menggunakan MagSafe Yang Berbeda?

MagSafe adalah merek dagang untuk perangkat kabel pengisian daya yang ada di MacBook Air dan MacBook Pro Retina dan Non-Retina. MagSafe ini berbeda dari kebanyakan perangkat pengisian daya lainnya. Kamu akan menemukan pengisian daya berupa sambungan magnetik yang bisa dengan mudah dilepas dan dipasangkan. Indikator pengisian daya juga berada di MagSafe, bukan di perangkat MacBook.

Namun jika kamu perhatikan, MagSafe yang ada di MacBook Air dan MacBook Pro tidak ada perbedaan yang berarti. Perbedaan yang paling mencolok mungkin adalah pengisian daya yang ada di produk MacBook 12 inch yang menggunakan USB-C. MagSafe yang digunakan di MacBook Air dan MacBook Pro adalah model MagSafe 2. Lalu perbedaannya di mana?

Baca Juga:  Cara Install Driver Windows untuk Mac dan MacBook

Perbedaan MagSafe yang ada di paket penjualan MacBook Air dan MacBook Pro hanyalah di output saja. Misalnya, MacBook Air menggunakan MagSafe 2 45W, MacBook Pro Retina 13” menggunakan MagSage 60W, dan MacBook Pro Retina 15” menggunakan MagSafe 85W. MagSafe sudah diberikan dalam satu paket penjualan.

Nah jika kamu menggunakan MacBook Air dan menggunakan MagSafe yang dibuat khusus untuk MacBook Pro, apakah kompatibel? Kita anggap saja baterai MacBook sebagai sebuah wadah air dan MagSafe adalah sebuah keran. Wadah air terdiri dari 3 varian yang mewakili 3 model MacBook, yaitu 10 liter, 20 liter, dan 50 liter. Keran air juga terdiri dari 3 varian debit air, yaitu 10ml/detik , 20ml/detik, dan 50ml/detik

Baca Juga:  Solusi Mengatasi Hilangnya Tombol Fisik Escape di MacBook Pro Terbaru

Sebuah wadah kosong 10 liter diisi dengan keran 10ml/detik akan penuh selama 1000 detik. Begitu juga dengan 20 liter diisi dengan keran 20ml/detik atau wadah 50 liter diisi dengan keran 50ml/detik. Tentu saja kamu bisa gunakan keran 50ml/detik untuk mengisi wadah 10 liter dengan jauh lebih cepat, namun jika mengisi wadah 50 liter akan semakin lama jika menggunakan keran 10ml/detik.

Begitu juga dengan MagSafe.  Kamu bisa mengisi MacBook Pro dengan charger MacBook Air begitu juga dengan sebaliknya. Kamu bisa mengisi MacBook Air dengan lebih cepat jika menggunakan charger MacBook Pro. Hal ini sebenarnya masih memungkinkan dan cenderung aman kok selama MagSafe tersebut masih sama-sama asli buatan Apple.

Baca Juga:  OmniPlan 3 di Mac App Store Bisa Kamu Download Gratis Sekarang

Mengapa MagSafe MacBook Air lebih kecil jika bisa diisi dengan MagSafe yang lebih cepat? Faktor ukuran dan harga menjadi penyebabnya. MacBook Air hanya punya baterai yang relatif lebih kecil, jadi tidak perlu charger berdaya besar. Lagipula, ini juga untuk menghemat biaya produksi dan biaya penjualan. Jika dipaksa menggunakan MagSafe milik MacBook Pro, maka harga MacBook Air akan semakin besar.

NB: Pengumuman Pemenang Giveaway Phablet Cube WP10 4G

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!