Ini Yang Harus Kamu Lakukan Sebelum Update ke macOS Sierra

Ini Yang Harus Kamu Lakukan Sebelum Update ke macOS Sierra

0

Apple Memperkenalkan macOS Sierra Beserta Berbagai Fitur Baru

Apple sebentar lagi akan merilis macOS Sierra sebagai sistem operasi baru untuk OS X. Sebagai sebuah sistem operasi terbaru, tentu beragam peningkatan juga sangat diharapkan. Beragam fitur baru seperti Siri, Desktop Sharing, unlock with Apple Watch, dan lain-lain sudah bisa kamu rasakan di versi Beta. Sebagai pengguna publik, kita hanya bisa menunggu hingga macOS Sierra dirilis.

Apa yang bisa kita lakukan sekarang? Sebenarnya tidak ada sih. Kita cukup menunggu. Menunggu dirinya datang. Yang bisa kita lakukan adalah memantaskan diri wkwkwk. Maksud saya, kita bisa mempersiapkan perangkat OS X kita untuk menyambut kehadiran sistem operasi terbaru macOS Sierra itu. Apa saja yang bisa kita lakukan?

Baca Juga:  VLC 2.2.2 Dirilis dengan Full Support di OS X El Capitan

Pastikan Perangkatmu Support macOS Sierra

Ini dia yang pertama dan yang utama. Percuma kamu menjalankan semua persiapan jika ternyata perangkat kamu tidak mendukung macOS Sierra. Ternyata memang macOS Sierra tidak bisa diinstall di semua perangkat OS X. Jadi pastikan perangkat OS X milikmu mendukung macOS Sierra ya.

Perangkat apa saja sih yang didukung macOS Sierra? Ini dia model Mac yang bisa menginstall macOS Sierra saat Apple sudah merilisnya.

  • MacBook Pro (2010 and later)
  • MacBook Air (2010 and later)
  • Mac Mini (2010 and later)
  • Mac Pro (2010 and later)
  • MacBook (Late 2009 and later)
  • iMac (Late 2009 and later)

Bagaimana? Apa perangkat milikmu mendukung macOS Sierra?

Baca Juga:  Apple merilis OS X El Capitan 10.11.4 Beta 2 untuk Developer

Update Dulu Semua Pembaruan

Sebelum kamu mengunduh macOS Sierra, pastikan dulu semua perangkat lunak dalam kondisi terbaru. Jika kamu masih menggunakan OS X Yosemite, ada baiknya sih update dulu ke El Capitan meskipun pembaruan bersifat kumulatif. Proses update akan berjalan lebih  panjang jika mengupdate dari Yosemite ke macOS Sierra sekaligus. Pastikan juga kamu sudah memperbarui semua aplikasi karena ada kemungkinan jika aplikasi belum diperbarui akan menyebabkan masalah jika ternyata versi lawas tidak kompatibel dengan macOS Sierra.

Luangkan Kapasitas Penyimpanan

Untuk mengunduh dan menginstall macOS Sierra, tentu saja kamu membutuhkan kapasitas lebih. Saya memang belum menggunakan macOS Sierra versi Beta, namun jika mengingat versi OS X  sebelumnya, proses update selalu membutuhkan kapasitas berukuran sekitar 6GB. Ya anggap saja berukuran 6GB, maka kamu harus menyediakan kapasitas 10GB untuk jaga-jaga agar proses bisa berjalan dengan baik. Lebih baik kamu kosongkan 20GB untuk memastikan tidak ada masalah kekurangan kapasitas.

Baca Juga:  Apple Rilis macOS Sierra 10.12.2 Public Beta 2