Sebaiknya Kamu Membeli Kapasitas iCloud Tambahan

Sebaiknya Kamu Membeli Kapasitas iCloud Tambahan

0

Fitur iCloud di iOS yang Harus Kamu Ketahui

Penyimpanan awan memang sudah sangat marak saat ini. Ditambah lagi dengan maraknya penggunaan internet dan biaya internet yang semakin murah membuatnya mampu dijangkau oleh banyak orang. Dengan demikian, kamu bisa mengakses penyimpanan awan dengan sangat baik.

Penyimpanan awan memiliki beragam manfaat dan kelebihan. Salah satunya adalah disimpan di satu tempat yang aman di server. Jadi, penyimpanan awan jelas tidak akan menyebabkan berkurangnya kapasitas penyimpanan lokal di perangkat kita. Beragam layanan penyimpanan awan juga mulai banyak. Mulai dari OneDrive, Google Drive, DropBox, dan lain-lain. Apple tentu saja punya penyimpanan awan sendiri yaitu iCloud.

Penggunaan iCloud di beragam perangkat Apple punya andil besar dalam pemanfaatan fitur di beragam perangkat Apple. Namun sayang, Apple hanya memberikan kapasitas gratis sebesar 5 GB saja. Berbeda dengan layanan lain yang memberikan kapasitas lebih besar. Namun, kamu bisa kok membeli kapasitas tambahan dengan biaya yang cukup murah, yaitu Rp 15 Ribu per bulan. Apa saja sih manfaatnya sampai harus membeli kapasitas tambahan?

iCloud Drive

Penyimpanan awan fungsi utamanya adalah sebagai media penyimpanan. Kamu seakan-akan punya harddisk eksternal yang berukuran besar namun tidak ada bersamamu. Untuk mengaksesnya, kamu harus menggunakan koneksi internet. Sangat enak kan? Kamu bisa mengakses file di manapun dan kapanpun kamu mau. Mengerjakan skripsi di rumah dengan iMac, kamu bisa melanjutkannya dengan iPad saat di mobil. Sungguh menyenangkan kan?

Baca Juga:  Apple Sedang Memperbaiki Masalah SPAM Kalender iCloud

Back-Up iPhone, iPad, iPod Touch

Mungkin kamu merasa kapasitas 5 GB sudah cukup kalau cuma untuk menyimpan file-file dokumen seperti skripsi maupun dokumen lainnya. Namun, 5GB tidak akan pernah cukup jika kamu berencana untuk membuat iCloud sebagai media penyimpanan awan untuk semua backup perangkat iOS milikmu. Apalagi kamu jika kamu pun ya iPhone, iPad, dan iPod Touch.

Satu backup bisa berukuran 500MB lebih. Itu baru minimal. Bagaimana jika kamu punya banyak aplikasi dan semua file yang berhubungan seperti percakapan LINE, buku iBook, pengaturan , dan lain-lain juga ikut disimpan? Bisa sampai 800MB. Bahkan bisa juga hingga 1GB. Itu baru satu perangkat. Kalau ada 3 perangkat? 3 GB dong. Cukup? Iya sih cukup, tapi kan itu cuma berisi backup doang. Baca deh poin selanjutnya di bawah ini.

Baca Juga:  Uninstall Aplikasi dan Software Mac Hingga Bersih Dengan CleanMyMac

Perpustakaan Foto

Siapa sih yang gak suka foto-foto? Suka ambil foto tentang beragam momen seperti perjalanan wisatamu bersama teman, keluarga, dan lain-lain? Mau fot itu aman dan bisa diakses dengan sangat mudah di beragam perangkat? Tentu kamu harus menggunakan Perpustakaan Foto iCloud. Penyimpanan yang digunakan adalah penyimpanan iCloud. Mengambil banyak foto, berarti butuh banyak ruang penyimpanan.

Sebaiknya Kamu Membeli Kapasitas iCloud Tambahan

Di Perpustakaan Foto iCloud milik saya hanya berisi sekitar ratusan foto, beberapa video, dan lain-lain sudah mengambil sekitar 2GB lebih. Saya tentu saja juga mau mengambil foto lainnya di kemudian hari. Bagaimana jika ada lebih dari 1000 foto? Mau pakai iCloud? Mau tidak mau saya harus menambah kapasitasnya.

Mail Drop

Apa yang kamu lakukan jika harus mengirim file berukuran besar melalui email? Kamu tentu menyimpannya dulu ke penyimpanan awan lalu mengirimkan link file tersebut ke email. Memang bisa sih, namun cukup merepotkan. Mengapa harus menyimpannya ke penyimpanan awan terlebih dahulu jika kamu bisa langsung menggunakan Mail Drop? Mail Drop akan menyimpan file yang kamu kirimkan itu ke iCloud secara otomatis dan mengirimkan link ke penerima. Sangat simpel kan? Jadi kamu harus membutuhkan kapasitas lebih tinggi lagi.

Baca Juga:  Cara Mudah Membeli Game Origin Tanpa Kartu Kredit

Desktop Sharing

Salah satu fitur yang ada di macOS Sierra adalah fitur desktop sharing. Fitur ini akan menyelaraskan semua yang ada di desktop dan bisa diakses ke semua perangkat Apple. Fitur ini tentu saja sangat mempermudah kita dalam bekerja dengan banyak file dengan memanfaatkan iCloud. Mudah? Memang, namun jika kamu menyimpan banyak file di desktop, tentu saja kamu butuh kapasitas iCloud yang lebih besar.

Kapasitas berapa sih yang paling murah? Meskipun produk Apple terkenal mahal, namun layakan iCloud terkenal cukup murah kok. 50GB bisa kamu terbus dengan harga Rp 15 Ribu per bulan. Setengahnya harga OneDrive yang memberikan harga Rp 31 Ribu per bulan untuk 50GB. Cukup murah kan?

Jangan ragu lagi membeli langganan iCloud jika kamu merasa butuh tambahan iCloud.