Mungkinkah iPhone Punya Kamera Terbaik?

Mungkinkah iPhone Punya Kamera Terbaik?

0

Mungkinkah iPhone Punya Kamera Terbaik?

iPhone selama ini terkenal dengan kualitas kameranya yang sangat baik. Hal ini terbukti dengan banyaknya komunitas fotografi mobile yang secara khusus hanya untuk pengguna iPhone saja. Di beragam komunitas fotografi mobile, pengguna iPhone juga cukup mendominasi. Bukan sebagai iOS, namun sebagai brand atau merek perangkat seluler.

Hal itu juga diperkuat dengan sistem operasi iOS yang secara default mendukung banyak sekali kesempatan bagi para pengembang aplikasi untuk menciptakan beragam aplikasi menarik dan bermanfaat untuk iPhone. Tidak terkecuali untuk aplikasi kamera. Banyak aplikasi kamera yang bisa meningkatkan kemampuan iPhone. Apakah iPhone bisa menjadi perangkat dengan kamera terbaik?

Secara Sensor? Mungkin Saja

Dari tahun ke tahun, iPhone selalu memberikan beragam peningkatan di sektor kamera. Mulai dari kualitas sensor, besaran resolusi, kinerja, hingga hasil akhir yang jauh lebih baik. Apple lebih sering bermain-main di sisi sensor agar mampu menghasilkan gambar dengan warna yang natural dan minim dengan noise.

Baca Juga:  Mau Mengambil Foto dari iPhone Tanpa Unlock Lock Screen? Coba 4 Cara Cepat Ini

Mungkinkah iPhone Punya Kamera Terbaik?

Jika Apple berinvestasi ke sektor sensor kamera, sepertinya iPhone bisa menjadi yang terbaik di antara semua smartphone yang ada. Bahkan saat ini iPhone 6s bisa dikatakan mampu menghasilkan gambar dengan warna yang paling natural (natural ya, bukan sekedar gambar yang “cerah” maupun “berwarna-warni”). Jika terus ditingkatkan, iPhone bisa menjadi yang terbaik.

Aplikasi Kamera Perlu Peningkatan

Meskipun hardware kamera iPhone bisa dikatakan sangat bagus, software kamera iPhone justru sebaliknya. iPhone tidak pernah mempunyai aplikasi kamera bawaan yang bagus. Yang ada hanya aplikasi kamera yang sangat standar dan terkesan “apa adanya”.

Mungkinkah iPhone Punya Kamera Terbaik?

Tidak ada kontrol manual seeprti ISO maupun shutter speed. Yang ada hanya pengaturan HDR, Timer, Lampu Flash, dan switcher ke kamera depan. Juga termasuk beberapa mode seperti persegi, panorama, slo-mo, dan video.

Baca Juga:  Apple Rilisi Versi Pembaruan dari iOS 10.1.1

Bukan Pengganti Kamera Profesional

Meskipun banyak sekali keunggulannya, atau bahkan menjadi yang terbaik di dunia, tetap saja masih belum bisa menggantikan kamera profesional seperti Mirrorless maupun DSLR. Mengapa? Sederhana saja. Kamera iPhone dan semua kamera ponsel termasuk Point-and-Shoot. Jadi kamera iPhone hanya untuk keperluan mengambil gambar secara sederhana saja.

Mungkinkah iPhone Punya Kamera Terbaik?

Mengambil gambar dengan DoF yang sangat dangkal, efek bokeh, jejak cahaya, dan lain-lain tetap tak mampu mengimbangi kemampuan kamera profesional.

Bagaimana? Ada yang lebih baik dari kamera iPhone?