Apa Benar Apple Magic Mouse Boros?

Apa Benar Apple Magic Mouse Boros?

0

Review Menggunakan Apple Magic Mouse

Sudah sebulan saya menggunakan Apple Magic Mouse. Sebagai sebuah mouse, tentu saja Apple Magic Mouse adalah yang terbaik yang pernah ada. Jika mouse biasa hanya mengandalkan klik kanan, klik kiri, dan scroll, maka Magic Mouse mendukung mode gesture sentuhan dan juga benar-benar merupakan mouse nirkabel.

Selama satu bulan ini, saya tidak ada kendala sama sekali dengan performa Apple Magic Mouse ini. Saya bisa menggunakannya dengan sangat lancar. Semua touch bekerja dengan optimal. Beralih antar halaman, aplikasi full screen, mission control, dan lain-lain. Suatu pengalaman yang tidak akan saya dapatkan dengan mouse mana pun.

Namun, ada sebuah kasus yang tidak saya sukai dari Apple Magic Mouse ini. Apple Magic Mouse cukup boros dalam penggunaan daya baterai. Jadi jika kamu menggunakan Apple Magic Mouse, baterai yang kamu gunakan akan menjadi cepat sekali habis dan kamu harus segera menggantinya untuk bisa menggunakan Magic Mouse lagi.

Baca Juga:  Apple Terinspirasi Anime Nisemonogatari? Courage!

Apakah ini bug atau memang kesalahan saya? Setelah saya menelusuri lebih lanjut, ternyata tidak selalu demikian. Berikut ini adalah beberapa yang sudah saya temui dalam mencari jawaban mengapa Apple Magic Mouse cukup boros baterai :

Tidak Semua Baterai Itu Sama

Setelah saya menelusuri situs dukungan Apple, Apple tidak pernah memberikan spesifikasi baterai yang harus digunakan oleh Apple Magic Mouse kecuali hanya model ukurannya saja. Selama ini saya memang sangat jarang menggunakan baterai ukuran AA sehingga saya kira tidak ada perbedaan yang signifikan pada baterai AA yang dijual di pasaran.

Apa Benar Apple Magic Mouse Boros?

Ternyata tiap merek baterai AA punya perbedaan kualitas yang bisa dibilang cukup signifikan. Saya tidak mau berlama-lama, intinya sih baterai AA yang dijual murah kualitasnya tidak lebih baik jika dibandingkan yang dijual lebih mahal. Setelah saya mengganti baterai AA berkualitas yang “lebih bagus”, Apple Magic Mouse terasa mampu hidup lebih lama dan lebih hemat.

Baca Juga:  Review Menggunakan Apple Magic Mouse

Mode Sleep

Memang, Apple Magic Mouse bisa beralih ke mode tidur jika Mac atau MacBook kamu matikan atau sleep. Nah, meskipun berada dalam mode sleep, tetap saja Apple Mouse membutuhkan daya karena pada dasarnya mode sleep tidak benar-benar tertidur. Mau bukti? Jika kamu menyambungkan Magic Mouse ke Mac dan Mac kamu matikan/sleep, maka Magic Mouse ikut sleep. Saat Mac kamu nyalakan kembali, Magic Mouse secara “ajaib” kembali menyala. Hal ini membuktikan bahwa Magic Mouse bisa mendeteksi kondisi Mac kamu. Mendeteksi kondisi Mac tentu saja membutuhkan daya.

Mau Pasti Hemat? Copot Baterainya

Jika kamu merasa sudah mematikan Mouse dan masih terasa boros, satu-satunya cara terbaik yang bisa kamu lakukan adalah mematikan mouse lalu melepaskan baterainya. Hal ini akan membuat Mouse benar-benar seperti benda mati yang tidak punya energi apapun. Jika baterai tetap saja boros, berarti memang ada masalah di Magic Mouse milikmu.

Baca Juga:  Ini Dia Keuntungan Swift menjadi Open Source

Bagaimana? Apa kamu merasakan pemborosan daya?