Cara Masuk ke Recovery Mode Mac OS X

Cara Masuk ke Recovery Mode Mac OS X

2

Cara Masuk ke Recovery Mode Mac OS X

Mac bukanlah produk yang sempurna. Suatu saat kamu pasti menemukan masalah. Berharap saja masalah tersebut bukanlah masalah besar, sehingga kamu bisa mendapatkan Mac kamu bisa kamu gunakan lagi untuk bekerja sesegera mungkin. Namun nyatanya, tidak begitu. Kamu mungkin saja akan menghadapi masalah yang lebih pelik.

Misalnya saja untuk memperbaiki verifikasi disk yang ada di OS X. Mungkin kamu masih bisa memperbaikinya melalui pertolongan disk yang ada di utilitas disk. Nah, seandainya kamu mengalami masalah disk yang memerlukan verifikasi melalui recovery mode, maka kamu harus masuk ke recovery mode.

Apa itu recovery mode? Recovery mode adalah mode di mana semua yang berhubungan dengan perbaikan dan pemulihan sistem akan dilakukan. Kebanyakan sih masalah perangkat lunak, meskipun beberapa bisa menyelesaikan masalah perangkat keras namun dalam tingkat tertentu saja. Recovery mode tampil dalam tampilan GUI sehingga memudahkan pengguna.

Baca Juga:  Apa Itu Layar Retina Display?

Nah, untuk masuk ke recovery mode, caranya sangat mudah. Yang perlu kamu lakukan adalah sebagai berikut :

  1. Restart Mac jika Mac masih dalam keadaan menyala, atau nyalakan Mac jika Mac masih dalam keadaan mati.
  2. Saat kamu mendengar suara Booting OS X, segera tekan Command + R.
    Cara Masuk ke Recovery Mode Mac OS X
  3. Proses loading memang membutuhkan waktu beberapa menit. Tunggu saja hingga kamu melihat tampilan mode pemulihan di layar.

Bagaimana? Sangat gampang sekali kan? Berbagai macam aktivitas bisa kamu lakukan di sana seperti install ulang OS X, perbaikan disk, dan sebagainya.

Baca : Install Ulang OS X