Cara Melakukan Screenshot di Mac OS X.

Cara Melakukan Screenshot di Mac OS X.

0

Cara Melakukan Screenshot di Mac OS X.

Kamu pengguna Mac dan masih belum tahu bagaimana cara untuk mengambil screenshot alias jepretan layar? Well, fitur tersebut bisa dikatakan sangat bermanfaat terutama buat penulis seperti saya ini hehehe. Jika kamu mengalami masalah, sebenarnya sangat mudah kok melakukan screenshot di Mac OS X.

Yang perlu kamu siapkan hanyalah keyboard khusus Mac, ini tidak berlaku untuk MacBook. Jika kamu menggunakan MacBook, pasti sudah ada keyboard Apple. Menggunakan keyboard Windows sebenarnya bisa sih cuma tombolnya saja yang berbeda. Nah langsung saja seperti ini caranya.

Ada dua macam screenshot yang bisa kamu ambil di Mac, yaitu screenshot penuh dan screenshot sebagian. Kamu bisa memilih sesuai dengan kebutuhan dan keinginanmu.

  1. Untuk melakukan screenshot seluruh layar, kamu harus menekan tombol Command, Shift, dan angka 3 secara bersamaan. Screenshot akan tersimpan secara otomatis di desktop. Jika kamu menggunakan keyboard Windows, yang harus kamu tekan adalah tombol Windows, Shift, dan angka 3 secara bersamaan. Tombol Windows adalah pengganti tombol Command di Mac OS X.
  2. Untuk melakukan screenshot sebagian, tekan Command, Shift, dan angka 4 secara bersamaan. Lalu pilih area yang akan kamu gunakan untuk dijadikan screenshot. Sama dengan tombol di Windows, tekan Windows, Shift, dan angka 4 secara bersamaan lalu pilih area yang akan dijadikan screenshot. File akan disimpan di desktop.
Baca Juga:  Cara Reset Keyboard Dictionary pada iPhone / iPad

Ketika kamu memiliki banyak sekali screenshot, maka desktop kamu akan dipenuhi dengan berbagai screenshot. Hal ini terasa sangat aneh jika kamu sering menggunakan Windows karena biasanya kamu hanya akan meletakan file shortcut aplikasi di desktop, bukan file screenshot.

Bagaimana? Sangat sederhana kan?