Mengatasi Aplikasi Tidak Responsif di Mac OS X

Mengatasi Aplikasi Tidak Responsif di Mac OS X

0

Mengatasi Aplikasi Tidak Responsif di Mac OS X

Aplikasi di OS X cenderung lebih stabil dan cepat. Hal ini juga karena didukung sistem OS X yang sangat baik. OS X dibuat oleh Apple, begitu juga dengan hardwarenya. Oleh karena itu, banyak kegiatan pemrograman seperti pengembangan Android dan web lebih disukai jika dikerjakan di OS X ketimbang di sistem operasi lain.

Meskipun demikian, OS X tetaplah bukan sistem operasi sempurna. Aplikasi yang bermasalah tentu saja bisa terjadi. Hanya saja kasus ini sangat jarang terjadi. Jika hal itu terjadi, kemungkinan terbesar memang ada masalah dengan aplikasinya, bukan bermasalah dengan OS X.

Salah satu akibat dari aplikasi yang tidak responsif adalah kamu tidak akan bisa mematikan Mac milikmu. Seperti Windows yang di mana saat kamu akan mematikannya, kamu akan menemukan kasus Windows membutuhkan waktu lebih lama untuk menutup beragam program dan proses yang ada. Kasus di OS X, meskipun jarang, namun bisa lebih parah. Kamu tidak akan bisa mematikan Mac karena aplikasi yang bermasalah tidak bisa ditutup.

Baca Juga:  Cara Memindahkan (Import) Semua Foto di iPhone ke Mac dengan Cepat

Apakah ada solusinya? Tentu saja ada. Jika kamu mendapati aplikasi yang benar-benar bermasalah saat ditutup, yang kamu lakukan adalah sebagai berikut :

  1. Buka Monitor Aktivitas.
  2. Kamu bisa melihat aplikasi yang bermasalah di daftar proses yang berjalan.
    Mengatasi Aplikasi Tidak Responsif di Mac OS X
  3. Klik aplikasi yang bermaslaah, lalu klik tanda X di pojok kiri atas. INGAT! Tanda X di bawah kontrol jendela (tiga titik warna merah, kuning, hijau), bukan tanda X di dot warna merah yang berarti keluar dari program.
  4. Konfirmasi dialog yang muncul untuk menghentikan aplikasi yang berjalan.
    Mengatasi Aplikasi Tidak Responsif di Mac OS X

Niscaya aplikasi akan benar-benar tertutup. Untuk mencegah hal tersebut, pastikan kamu menggunakan perangkat lunak dan semua aplikasi dalam versi terbaru.

Bagaimana? Gampang kan?

Baca Juga:  Cara Download dan Install Game Origin di PC dan Mac