Pilih Apple Magic Trackpad atau Magic Mouse?

Pilih Apple Magic Trackpad atau Magic Mouse?

0

Pilih Apple Magic Trackpad atau Magic Mouse?

Ada banyak cara untuk memilih alat masukan alias alat input data. Jika kamu masih belum tahu apa itu alat input, alat input adalah alat yang berfungsi untuk memberikan masukan perintah maupun data masukan ke komputer kita. Alat atau perangkat input ini yang paling terkenal dan populer ya tentu saja mouse dan keyboard.

Untuk perangkat komputer desktop Apple, biasanya sudah diberikan alat masukan keyboard dan mouse secara default. Sedangkan komputer jinjing MacBook secara default akan mendapatkan keyboard dan trackpad. Nah, jika kamu pengguna iMac kamu punya pilihan untuk membeli aksesoris Magic Trackpad. Untuk pengguna MacBook juga bisa memilih aksesoris Magic Mouse jika mereka mau.

Nah di antara dua pilihan Magic Trackpad atau Magic Mouse, mana yang kamu pilih? Saya menggunakan Apple Magic Mouse dan Trackpad di MacBook Pro Retina dan akan mencoba membandingkan keduanya.

Baca Juga:  Cara Mengetahui Garansi Apple Mac dan MacBook Dengan Nomor Serial

Trackpad Lebih Banyak Gesture

Kapabilitas Trackpad di MacBook Pro Retina milik saya sama dengan Magic Trackpad. Jadi kamu bisa mendapatkan semua kemampuan trackpad, termasuk gesture. Kamu bisa melakukan beragam kombinasi gesture seperti klik satu jari, klik dua jari, pinch, swipe empat jari kekanan/kiri, swipe empat jari keatas/bawah, drag menggunakan tiga jari, bahkan hingga Forced Touch.

Sementara Magic Mouse hanya mendukung sedikit gesture saja seperti mission Control, klik kanan/kiri, beralih antar layar, scroll, dan sebagainya. Meskipun demikian, Magic Mouse bekerja jauh lebih baik dibandingkan dengan mouse biasa yang hanya menyediakan klik kiri/kanan dan scroll saja.

Trackpad Lebih Luas Permukaannya

Meskipun sama dengan trackpad di MacBook Pro Retina, tetapi Magic Trackpad sedikit lebih luas ukuran permukaannya. Jika kamu menyukai trackpad, maka pasti kamu akan lebih menyukai Magic Trackpad karena lebih nyaman dan lebih luas. Hal ini sangat berbeda dengan Magic Mouse yang luasnya tidak seberapa saja. Bayangkan saja kamu punya sebuah mouse biasa yang hampir seluruh permukaannya mendukung multitouch.

Baca Juga:  iPhone 6S dan iPhone 6S Plus Juga Lulus Uji POSTEL

Mouse Lebih Murah

Soal harga, tentu saja Magic Mouse lebih murah. Di iMac malah sudah disediakan secara gratis. Harga Magic Mouse generasi pertama sekitar 1 jutaan untuk produk baru dan 600 ribuan untuk produk bekas. Harga Magic Trackpad lebih mahal dari Magic Mouse, bisa 1.5jt untuk produk baru dan 900 ribuan untuk produk bekas.

Mouse Lebih Nyaman Untuk Hold-Click

Untuk melakukan drag-and-drop di trackpad memang agak ribet. Caranya tetap sama sih, klik lalu didrag alias ditarik. Tetapi jika hanya dilakukan dengan satu tangan sangat tidak nyaman. Perlu bantuan dua jari dari dua tangan yang berbeda agar tarikan bisa nyaman. Drag-and-drop bisa dilakukan di Magic Mouse dengan sangat natural dan mirip dengan kebanyakan mouse. Cukup klik lalu tahan, lalu tarik file sesuka hati hanya dengan satu tangan saja.

Baca Juga:  Alasan Mengapa OneNote Adalah Aplikasi Note terbaik

Mouse Lebih Presisi dan Nyaman Digunakan

Buat yang  terbiasa menggunakan trackpad di MacBook, belum tentu merasakan sensasi yang sama ketika memegang Magic Trackpad. Pasalnya, Magic Trackpad juga bisa bergerak berubah posisi jika kamu gunakan terlalu keras, berbeda dengan trackpad di MacBook yang menyatu dengan bodi. Berbeda dengan Magic Mouse yang memang sebuah mouse. Pada umumnya sih orang lebih nyaman memegang mouse, dan jarang sekali yang pegang trackpad portabel seperti Magic Trackpad.

Bagaimana? Kamu lebih suka Magic Mouse atau Magic Trackpad?