Ingin Punya Komputer Mac Dengan Harga Murah? Yuk Coba Cara Ini

Ingin Punya Komputer Mac Dengan Harga Murah? Yuk Coba Cara Ini

0

Ingin Punya Komputer Mac Dengan Harga Murah? Yuk Coba Cara Ini

Mempunyai komputer Mac? Pasti seneng dong. Kalo beli? Pasti mikir berkali-kali. Memang sih, harga komputer Mac itu sangat mahal. Bayangkan saja, harga iMac 21.5 Inch saja bisa 15 jutaan. Itu yang paling murah ya. Kalau harga pasarannya sih bisa 18 Jutaan atau bahkan lebih. Itu baru yang 21.5 Inci, yang 27 Inch pasti lebih mahal lagi.

Selain karena kualitas produk Apple, pasti yang kamu butuhkan adalah sistem operasi OS X juga. Mau Windows? Bisa juga kok Mac diinstall Windows. Jadi jika kamu membeli Mac, kamu bisa mendapatkan lisensi OS X original dan memasang Windows secara legal (lisensi juga harus original ya J). Berbeda jika kamu membeli PC, secara ketentuan dari Apple, kamu tidak punya hak apapun untuk memasang OS X secara legal.

Buat apa juga sih OS X. Kan semua bisa dilakukan pakai Windows. Eits, jangan salah sangka dulu gan. Jika semua bisa dilakukan oleh Windows, mengapa banyak orang sengaja membeli Mac? Saya juga pengguna Windows dan orang yang selalu membutuhkan Windows untuk bekerja di lingkungan .NET namun saya juga pengguna OS X yang sengaja membeli Mac karena ada berbagai aktivitas yang hanya bisa saya lakukan di OS X dan bisa tampil lebih baik di OS X.

Contoh paling gampang adalah membuat aplikasi iOS (iPhone dan iPad), watchOS, tvOS, dan macOS. Kegiatan tersebut tidak akan pernah kamu jumpai di lingkungan Windows. Untuk para seniman di bidang musik dan video/film, ada berbagai aplikasi yang diciptakan khusus di OS X seperti Logic Pro dan Final Cut Pro. Aplikasi OS X only lainnya seperti Sketch, Tweetbot, dan lain-lain juga tidak ada di Windows.

Sudah beli Mac tapi ingin Windows? Bisa kok, tinggal pilih mau Dual Boot melalui BootCamp atau dengan mesin virtual seperti VirtualBox, Fusion, atau Parallels. Kamu bisa mengerjakan banyak hal seperti pengembangan .NET yang hanya ada di Windows seperti Visual Studio, SQL Server, dan lain-lain.

Nah, enak kan punya OS X legal dan Windows (beli yang original ya J) dalam satu perangkat? Masalahnya adalah perangkat Mac itu mahal. Dalam tulisan ini saya nggak akan menyanggah anggapan Mac mahal apalagi menyuruh kamu buat beli Mac. Mac memang mahal, namun bukan berarti kamu tidak bisa mengakalinya. Hah? Mengakalinya? Wah nggak bener ini artikel.

Jangan berburuk sangka dulu gan wkwkwk. Mengakali di sini adalah bagaimana kamu bisa mendapatkan Mac yang bagus namun tetap (lebih) terjangkau. Bukan mengajari kamu untuk melakukan perbuatan melanggar hukum hehehe. Nah, artikel ini cocok buat akmu yang ingin Mac namun terbentur harganya yang kelewat mahal. Tentu saja ada yang harus dikorbankan mengingat ini adalah cara mengakali biar bisa mendapatkan kualitas berharga murah. Mau tahu bagaimana caranya?

Berikut ini yang kamu butuhkan. Tenang, ini hanya perkiraan saja. Jika beruntung, kamu bisa mendapatkannya dengan harga lebih murah.

  1. Mac Mini i5 1.6Ghz (Bekas) – Rp 4.500.000 atau Mac Mini i5 2.5Ghz – Rp 6.500.000
  2. Apple Magic Mouse + Apple Keyboard (Bekas) – Rp 1.500.000
  3. Monitor 21 Inch (Baru) – Rp 1.500.000
  4. Aksesoris seperti VGA dan lain-lain (Baru) – Rp 500.000

Berikut adalah penjelasannya…

  1. Mac Mini dengan konfigurasi i5 2.5Ghz sudah lebih dari cukup untuk mengakomodasi pekerjaan seperti iOS dan Android programming, web developing, apalagi cuma mengolah file Microsoft Office hingga menjalankan Windows. Untuk pekerjaan berat seperti mengedit video juga sudah mencukupi meskipun terasa sedikit lambat. Kamu tetap bisa mendapatkan spesifikasi yang lebih murah yaitu i5 1.6Ghz dengan kinerja yang lebih rendah. Tenang, RAM di Mac Mini model lawas masih bisa ditambah sendiri.
  2. Keyboard dan mouse sebenarnya bisa dari merek apa saja, namun akan lebih baik (dan lebih keren) jika beli produk merek Apple. Saya kemarin membeli satu paket Magic Keyboard dan Magic Mouse bekas seharga 1.1 Juta. Bekerja baik di OS X dan bisa juga digunakan di Windows yang terpasang di Mac.
  3. Monitor diusahakan beli baru ya biar tampilan makin keren. Banyak kok yang sebesar 21.5” bahkan ada yang lebih besar lagi namun tetap masih terjangkau.
  4. Aksesoris ini bisa kamu beli sendiri jika ternyata paket monitor yang kamu beli tidak memasukkan kabel tersebut, atau aksesoris lain sesuai keinginanmu.

Jika ditotal, maka harganya sekitar Rp 10.000.000. Ini baru perkiraan saja ya gan, dan kamu bisa mendapatkan yang lebih murah lagi. Ini cuma saran. Ini juga beberapa contoh gambar dari online shop yang menawarkan konfigurasi yang saya katakan tadi :

Ingin Punya Komputer Mac Dengan Harga Murah? Yuk Coba Cara Ini
Magic Mouse dan Magic Keyboard
Ingin Punya Komputer Mac Dengan Harga Murah? Yuk Coba Cara Ini
Monitor
Ingin Punya Komputer Mac Dengan Harga Murah? Yuk Coba Cara Ini
Mac Mini

Kira-kira nanti perangkatmu akan seperti ini (kira-kira lho yaaaa…..) :

Ingin Punya Komputer Mac Dengan Harga Murah? Yuk Coba Cara Ini

Bagaimana? Keren kan?

 

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!