Tips Memaksimalkan Penyimpanan iCloud

Tips Memaksimalkan Penyimpanan iCloud

0

Tips Memaksimalkan Penyimpanan iCloud

Setiap kamu membeli perangkat Apple, kamu akan mendapatkan penyimpanan iCloud gratis yang bisa kamu gunakan untuk berbagai macam keperluan. Salah satunya tentu saja sebagai penyimpanan awan. Kamu bisa menggunakan iCloud sebagai penyimpanan untuk menyimpan semua yang kamu butuhkan.

Namun tidak seperti penyimpanan awan lainnya. iCloud hanya menyediakan kapasitas yang bisa dibilang sangat kecil, yaitu hanya sebesar 5 GB saja. Kurang? Tentu saja. Kamu tidak akan pernah merasa cukup dengan apa yang sudah kamu dapatkan. Oleh karena itu, MacPoin akan mencoba untuk membantu kamu bagaimana memaksimalkan penyimpanan iCloud agar cukup untuk semua kebutuhanmu,

Hanya Simpan File Penting

Singkat saja, jika hanya diberkahi dengan kapasitas yang terbatas maka kamu harus pandai-pandai memilih file apa saja yang harus kamu simpan. Kamu tentu saja tidak mungkin menyimpan segala file yang kamu inginkan hanya dengan 5 GB saja. Jadi, tentukan dulu file-file apa saja yang ingin kamu simpan.

Baca Juga:  Cara Install Ubuntu di VMWare Fusion

Utamakan File Lintas Platform

Jika memang ingin menyimpan file, utamakan file yang bisa diakses ke berbagai perangkat. Contoh paling mudah adalah layanan perpustakaan foto iCloud. Layanan ini merupakan penyimpanan foto yang diambil dari berbagai perangkat. Foto yang kamu ambil dengan iPhone akan bisa diakses ke berbagai perangkat dengan perpustakaan foto iCloud ini. Atau file dokumen, sheet, dan keynote yang bisa kamu simpan di iCloud karena selain penting juga berkapasitas relatif kecil.

Jangan Simpan Backup iOS

Backup iOS secara default akan tersimpan di iCloud. Kelebihannya tentu saja kamu bisa mengaksesnya di secara online. Kelemahannya adalah hal tersebut membutuhkan penyimpanan iCloud. Backup iOS bisa sampai 500 MB per update per perangkat. Jika kamu punya iPhone, iPad, dan iPod Touch, berarti kamu harus sediakan 3 x 500 MB = 1500 MB. Itu hanya perkiraan. Kenyataan bisa lebih besar lagi. Solusinya, simpan backup kamu sebagai iTunes backup di Mac atau PC.

Baca Juga:  Cara Cek Garansi Produk Apple

Gunakan Penyimpanan Pihak Ketiga

Kamu bisa gunakan layanan penyimpanan awan pihak ketiga seperti OneDrive atau Google Drive sebagai penyimpanan awan untuk menyimpan berbagai file yang kamu butuhkan. Saya sarankan untuk menggunakan OneDrive karena secara fitur bisa dikatakan yang terbaik. OneDrive juga bisa diakses di berbagai platform seperti Web, iOS, OS X, Android, Windows, dan Windows Phone. Google Drive masih belum mendukung Windows Phone dan penyimpanan di OS X masih belum sebagus OneDrive.

Pertimbangkan Berlangganan

Jika kamu memang ngebet untuk menggunakan iCloud dan menggunakannya untuk menyimpan semuanya, maka tiada jalan lain selain berlangganan kapasitas tertentu. Tentu dengan berlangganan, kamu harus membayar biaya per bulan. Meskipun begitu, harganya bisa dikatakan cukup hemat kok.

Baca Juga:  Antara Perpustakaan Foto iCloud dan Stream Foto Saya

Bagaimana? Ada yang perlu ditambahkan?