Review: Apple Music vs Spotify

Review: Apple Music vs Spotify

0

Review: Apple Music vs Spotify

Layanan musik berlangganan mulai bermunculan. Satu per satu layanan muncul menawarkan fitur dan keunikan mereka masing-masing. Spotify dan Apple Music adalah layanan paling populer yang ada di platform Apple. Spotify bisa dibilang sudah lebih berpengalaman karena sudah lebih dahulu terjun ke bisnis ini. Namun bukan berarti Apple Music akan kalah begitu saja.

Setelah menggunakan layanan ini selama beberapa hari, saya akan berbagi sedikit cerita mengenai kedua layanan ini. Melalui tulisan singkat berikut, ini dia review dan pengalaman menggunakan Apple Music dan Spofity.

Trial + Harga

Apple Music memberikan harga 69 ribu rupiah per bulan untuk langganan individu dan 109 ribu rupiah per bulan untuk langganan keluarga yang bisa digunakan hingga enam akun Apple ID. Sebelum berlangganan, kamu bisa menggunakan masa percobaan (trial) gratis selama tiga bulan. Sebuah waktu yang cukup lama kan? Apalagi untuk sebuah produk unggulan buatan Apple. Kamu bisa mengakses dan mengunduh semua lagu yang kamu suka. Sangat worth it deh pokoknya.

Cara Berlangganan Apple Music

Sementara Spotify memiliki akses akun gratis selamanya. Hanya saja, akun gratis ini hanya bisa kamu gunakan dengan fitur terbatas, yaitu hanya memainkan streaming lagu secara acak, plus adanya iklan. Untuk menggunakan akun premium kamu harus berlangganan seharga 49.99 ribu rupiah per bulan untuk akun individu dan 79 ribu rupiah per bulan untuk akun keluarga. Akun premium ini bisa kamu coba selama sebulan saja. Jika kamu mendaftarkan diri dari smartphone, layanan premium ini hanya tujuh hari saja. Lumayan lah buat coba-coba.

Baca Juga:  Mungkinkah iPhone Punya Kamera Terbaik?

Review: Apple Music vs Spotify

Jika kamu memilih harga bulanan yang murah, pertimbangan menggunakan Spotify. Jika kamu ingin masa trial gratis lebih lama, pakai Apple Music. Biaya berlangganan Apple Music memang sedikit lebih mahal, namun kamu bisa menggunakan kredit iTunes ketimbang kartu kredit.

Katalog Musik

Jumlah musik yang ada di Apple Music bisa dikatakan adalah yang terbanyak di antara semua pesaingnya. Hal ini disebabkan karena Apple Music juga terintegrasi dengan iTunes. Sebagaimana kita ketahui, iTunes adalah layanan toko musik online terbesar dan terbaik saat ini. Secara teori, koleksi musik di Apple Music lebih lengkap dibandingkan yang lainnya. Kamu juga bisa membeli musik langsung dari aplikasi ke iTunes Store dengan mudah dan cepat.

Review: Apple Music vs Spotify

Spotify sebenarnya juga memiliki katalog musik yang tidak jauh berbeda dengan Apple Music. Namun beberapa artis diketahui tidak memajang hasil karyanya ke Spotify. Sebut saja Adele dan Taylor Swift yang menarik karya mereka dari Spotify. Apple Music juga awalnya membuat Taylor Swift enggan memasukkan musiknya ke sana, namun akhirnya luluh juga dan memajang musiknya ke Apple Music untuk dinikmati para penggemarnya. Bisa jadi karena nama besar Apple dan iTunes membuat mereka mendapatkan keuntungan lebih besar dari Spotify atau layanan lainnya.

Review: Apple Music vs Spotify

Secara teori, katalog musik Apple Music lebih lengkap. Namun sejauh saya menggunakannya tidak ada perbedaan signifikan. Semuanya menyajikan musik hits terbaru. Apple Music terintegrasi dengan iTunes Store jadi kamu bisa beli musik dengan cepat dan mudah.

Aplikasi dan Tampilan

Apple Music tidak membutuhkan aplikasi tambahan apapun. Cukup update iOS kamu ke versi 8.4.4 atau yang lebih baru maka kamu sudah mendapatkan Apple Music di aplikasi musik bawaan iOS. Apple Music juga terintegrasi dengan aplikasi iTunes di Mac/PC. Tampilan di Apple Music cukup sederhana dan mudah digunakan. Tampil dengan ciri khas Apple yang terang dan penuh warna membuat kamu yang sudah familiar dengan iOS bisa menggunakannya tanpa masalah berarti.

Baca Juga:  Pangsa Pasar iPhone Naik, Android Masih Mendominasi

Review Apple Music

Untuk menggunakan layanan Spotify kamu harus menginstall aplikasi terlebih dahulu. Aplikasi bisa kamu unduh secara gratis di App Store (iOS) atau situs Spotify untuk mengunduh versi Windows/Mac. Tampilan Spotify di iOS memiliki typography yang lebih mirip Android meskipun tetap memiliki tampilan khas iOS seperti 4 buah tombol antar halaman di bagian bawah tampilan. Untuk tampilan saya lebih suka Spotify karena mengusung tema gelap dan lebih enak dilihat di malam hari/tempat bercahaya redup.

Review: Apple Music vs Spotify

Apple Music tentu lebih baik karena tidak membutuhkan aplikasi tambahan dari pihak ketiga. Namun tampilan Spotify lebih ramah untuk mata, khususnya di malam hari. 

Radio

Fitur Radio di Apple Music bisa dibilang yang paling bagus. Kamu bisa mendapati banyak sekali stasiun radio. Kumpulan stasiun ini dikelompokkan berdasarkan genre, artis, dan lain sebagainya. Jika kamu merasa ini hanya seperti sebuah podcast maupun kumpulan lagu, kamu bisa mencoba saluran Beats 1. Saluran ini benar-benar murni Radio online. Bukan cuma musik, namun pada waktu-waktu tertentu menyajikan Live music, wawancara artis, dan lain sebagainya. Radio Beats 1 bisa kamu putar 24 jam selama 7 hari. GRATIS! Tanpa berlangganan Apple Music juga bisa kamu nikmati.

Baca Juga:  WPS Office: Alternatif Aplikasi Microsoft Office Terbaik di iPhone (iOS)

Review: Apple Music vs Spotify

Berbeda dengan Spotify. Meskipun terdapat fitur Radio, namun hanya sebatas kumpulan lagu yang dikumpulkan berdasarkan genre, hits, dan lain sebagainya saja. Kamu tidak akan mendapati radio sebagus Beats 1, apalagi hingga membawakan wawancara artis secara Live.

Review: Apple Music vs Spotify

Untuk fitur Radio, Apple Radio Beats 1 bisa dikatakan menang telak atas fitur Radio di Spotify.

Jejaring Sosial

Apple Music memiliki fitur Connect yang menghubungkan fans dengan artis idola mereka secara langsung dalam satu tempat. Kamu tidak perlu lagi mengunjungi akun Facebook, Twitter, dan akun-akun lainnya. Artis akan membagikan sesuatu di Connect dan seluruh fans mereka bisa menyukai, komentar, berbagi, dan lain-lain dalam satu tempat. Sangat praktis dan tentunya memberikan sensasi baru dalam menghubungkan fans dengan sang idola.

Review: Apple Music vs Spotify

Saat tulisan ini dibuat, Spotify masih belum memiliki fitur jejaring sosial. Jadi kamu tidak akan mendapatkan fitur yang sama dengan menggunakan Apple Music. Semoga saja pihak Spotify segera merilis fitur serupa agar tidak semakin ketinggalan.

Fitur Connect di Apple Music telah menciptakan ide baru dalam menghubungkan fans dengan sang idola.