Mampukah iPad Menggantikan Fungsi Komputer/Laptop?

Mampukah iPad Menggantikan Fungsi Komputer/Laptop?

0

Mampukah iPad Menggantikan Fungsi Komputer/Laptop?

Fungsi utama sebuah tablet adalah sebagai penengah antara laptop dengan smartphone. Sebuah laptop mampu melakukan banyak hal, namun terbatas pada fisiknya yang besar dan kurang mobile. Smartphone juga mampu melakukan banyak hal yang mobile dan instan / cepat, namun ukurannya yang kecil tetap membuatnya mendapatkan keterbatasan. Oleh karena itu, muncullah tablet sebagai penengah antara smartphone dengan laptop.

Tablet pertama yang (diakui) hadir di dunia adalah iPad. Apple kembali lagi berhasil menemukan sesuatu lagi, sesuatu yang hilang dan sedang dicari. Dengan iPad, kamu bakal bisa melakukan berbagai macam aktivitas lebih baik dibandingkan dengan iPhone maupun smartphone yang memiliki layar kecil lainnya. Membuat dan menerima email, browsing, bermain game, dan lain-lain. Jika sebuah iPad sangat multifungsi dan mampu melakukan banyak sekali hal, apakah iPad bisa menggantikan fungsi laptop?

Baca Juga:  Google Luncurkan Google Trips Untuk Pecinta Travel

Salah satu kelebihan iPad adalah layarnya yang besar, dan hampir bisa dikatakan seukuran laptop kecil. Berbagai kegiatan yang membutuhkan layar besar seperti menulis email, browsing, dan bermain game tentu saja bisa dilakukan. Bagaimana jika kamu menggunakan iPad untuk berbagai tugas seperti halnya menggunakan laptop? Apakah bisa menggantikan laptop?

Kita mulai dengan olah data Microsoft Office, salah satu kegiatan paling populer di kalangan pengguna komputer dan laptop. iPad juga tersedia aplikasi Microsoft Office yang bisa kamu gunakan secara gratis. Ada Word, Excel, PowerPoint, dan OneNote. Mengedit dokumen, spread sheet, membuat presentasi bukanlah pekerjaan yang sulit di iPad. iPad sanggup melakukannya.

Namun, ada beberapa yang harus kamu ketahui. Aplikasi Microsoft Office di iPad tentu saja tidak sebagus versi Mac, apalagi versi Windows. Kamu akan mendapatkan aplikasi Office yang sama dengan versi iOS dan Android, hanya saja dengan tampilan yang lebih besar disesuaikan dengan ukuran iPad. Untuk mengetik juga kamu tidak akan bisa menggunakan keyboard fisik karena iPad tidak mempunyai keyboard. Kamu memang masih bisa menggunakan keyboard eksternal, namun pengalamannya tentu saja berbeda. Jadi, kamu tetap bisa bermain-main dengan Microsoft Office, namun dengan kemampuan yang lebih terbatas.

Baca Juga:  GIMP: Alternatif Terbaik Adobe Photoshop yang Gratis untuk Mac

Kegiatan lainnya adalah browsing. Kamu akan mendapati browser bawaan Safari. Tentu saja kamu bisa mengunduh Google Chrome maupun Opera. Namun, kamu juga harus ingat. Meskipun menggunakan browser terhebat sekalipun, iPad menggunakan iOS yang secara default tidak mendukung beragam fitur web layaknya Android, Mac, maupun Windows. Jadi ya, kemampuannya tidak akan jauh berbeda meskipun bergonta-ganti browser.

Lalu masalah aplikasi. IPad sejatinya adalah iOS. Ketersediaan aplikasi tentu saja tidak akan sama dengan aplikasi desktop di Mac maupun di Windows. Lagi pula, aplikasi iPad lebih sedikit jika dibandingkan dengan iPhone, karena beberapa pengembang membuat aplikasi iOS hanya untuk iPhone seperti Instagram. Kamu tidak akan mendapatkan aplikasi keren seperti aplikasi-aplikasi desktop di Mac maupun di Windows. Aplikasi seperti Adobe Photoshop, Office, hingga aplikasi buatan Apple seperti paket iWork dan iLife juga hanya akan tersedia versi mobile iOS saja.

Baca Juga:  Cara Membuka Kembali Tab yang Tertutup pada Safari iPhone / iPad

Kesimpulannya, iPad bisa melakukan berbagai macam kegiatan layaknya komputer atau laptop Mac / PC Windows namun dengan kemampuan yang terbatas karena dukungan sistem operasi yang merupakan sistem operasi mobile.

Bagaimana menurutmu?