Mau Beli iPad? Ini yang Harus Kalian Tahu Terlebih Dahulu

Mau Beli iPad? Ini yang Harus Kalian Tahu Terlebih Dahulu

0

 

Mau Beli iPad? Ini yang Harus Kalian Tahu Terlebih Dahulu

Membeli tablet memang menjadi kebutuhan sebagian orang, seperti saya. Untuk membaca buku (ebook), mengelola email, hingga berurusan dengan dokumen, sheet, dan presentasi secara mobile memang mengharuskan saya memiliki sebuah tablet. Meskipun banyak sekali pilihan, kebanyakan orang akan memilih iPad sebagai tablet andalan mereka. Namun tidak semua orang suka dengan iPad. Selain karena faktor harga, ada sejumlah alasan dan konsekuensi jika kamu membeli iPad. Apa sajakah itu?

Hanya Ada 3 Versi dan Ukuran Layar

Kita batasi saja pembahasan ini ke iPad generasi terbaru saja. iPad yang masih dijual di pasaran hanya didominasi oleh 3 perangkat saja yaitu iPad Mini, iPad Air, dan iPad Pro. Dengan demikian, hanya ada 3 versi ukuran layar juga yaitu ukuran 7.9”, 9.7”, dan 12,9”. Jika dilihat dari sisi konsumen, maka mereka hanya punya sedikit pilihan. Hal ini bisa berdampak positif karena calon pengguna bisa lebih fokus memilih dengan menentukan sesuai kebutuhan mereka.

Baca Juga:  Mampukah iPad Menggantikan Fungsi Komputer/Laptop?

Tidak Bisa SMS

Meskipun iPad ada yang dibekali dengan kartu SIM, namun iPad tidak bisa menggunakannya untuk mengirim SMS. Meskipun cukup aneh, namun mengingat zaman sekarang lebih banyak menggunakan internet dan aplikasi chat, rasanya hal ini bukan masalah besar. Kartu SIM di iPad hanya untuk mendukung kebutuhan akan jaringan internet menggunakan jaringan operator.

Tidak Ada kartu Memori

iPad sangat nyaman untuk bermain game, memutar film, dan lain-lain karena menggunakan layar yang cukup besar jika dibandingkan dengan iPhone. Namun jika kamu memang berniat untuk menggunakan iPad sebagai media hiburan multimedia, kamu harus membeli iPad dengan kapasitas yang besar karena iPad tidak mendukung kartu memori. Kamu tidak akan bisa menggunakan kartu memori kamu.

Baca Juga:  Ini Kumpulan Aplikasi Mac OS X Buat Para Blogger

Bluetooth? Ada sih, Tetapi…

Mengirim data antara iPad dengan perangkat non iOS adalah sebuah usaha yang sia-sia. iPad tidak dilengkapi dengan profil Bluetooth transfer data. Untuk mengirim data ke perangkat iOS dan Mac, iPad bisa menggunakan teknologi AirDrop yang memungkinkan sambungan dan berbagi file. Namun AirDrop membutuhkan akun iCloud, Bluetooth, dan Wifi untuk melakukan pengiriman data.

Selalu Butuh iTunes

Melakukan transfer data antar perangkat mobile lain terdengar susah? Tunggu dulu, transfer data ke PC juga tidak terlalu mudah. Kamu harus menginstall iTunes terlebih dahulu untuk bisa berkomunikasi dengan iPad. Jika kamu menggunakan Mac, kamu tidak pelru lagi menginstall iTunes karena sudah terpasang secara otomatis. Mengirim film, ebook, musik, dan lain lain harus melalui iTunes.

Baca Juga:  Ini Yang Tidak Saya Sukai Dari iPad