Ubah iPhone Kamu Menjadi Alat Pengukur Detak Jantung

Ubah iPhone Kamu Menjadi Alat Pengukur Detak Jantung

0

Ubah iPhonemu Menjadi Alat Pengkur Detak Jantung

Berbagai perangkat wearable saat ini sudah dilengkapi dengan berbagai fitur. Mulai dari pengukur kalori, jarak berlari, bahkan hingga detak jantung. Berbagai fitur tersebut tak ayal membuat berbagai perangkat wearable tersebut menjadi andalan para penggemar olahraga, khususnya olahraga berlari, bersepeda, dan lain-lain. Namun, fitur yang dinilai cukup penting (dan unik) adalah pengukur detak jantung.

Percayakah kamu, bahwa dengan cukup menggunakan iPhone kamu bisa mengukur detak jantungmu? Benar sekali. Cukup dengan iPhone. Kamu bisa mendapatkan pengukuran yang cukup akurat. Caranya adalah dengan bantuan aplikasi. Selain itu, kamu tidak perlu tambahan perangkat keras apapun karena pengukuran ini memanfaatkan lampu flash dan kamera iPhone untuk menangkap sinyal detak jantungmu dari denyutan di jarimu.

Baca Juga:  Yuk Bikin Aplikasi iOS dan Android dengan Xamarin di Visual Studio

Aplikasi sederhana yang akan kita gunakan adalah┬áHealth Mate – Steps tracker & Life coach by Withings. Kamu bisa mengunduhnya langsung dari App Store dengan klik tautan di atas. Aplikasi ini bisa kamu gunakan secara gratis dan tanpa dipungu biaya sepeserpun.

Setelah kamu mengunduhnya, kamu bisa langsung menambahkan pengukuran Hearth Rate dengan tap tanda (+) yang ada di halaman awal. Setelah itu, lampu flash kamera akan menyala. Jangan panik hehe.. Kamu cukup tempelkan jarimu ke kamera hingga tampilan layar menjadi berwarna kemerahan. Setelah itu, kamu bisa melihat detak-detakan jantungmu dan pengukuran oleh aplikasi segera dimulai. Jangan kamu lepaskan jarimu hingga pengukuran selesai.

Baca Juga:  Solusi Printer Tidak Terdeteksi di Mac OS X

Ubah iPhonemu Menjadi Alat Pengkur Detak Jantung

Semua data tentang detak jantungmu akan ditransfer ke aplikasi kesehatan yang ada di iPhone. Kamu akan bisa melihatnya di aplikasi kesehatan bersamaan dengan berbagai macam data kesehatan lainnya.

Ubah iPhonemu Menjadi Alat Pengkur Detak Jantung

Dengan menyimpannya di aplikasi kesehatan, maka aplikasi lain yang membutuhkan datanya cukup mengakses ke aplikasi kesehatan. Contohnya adalah aplikasi Nike+ Running yang membutuhkan data detak jantung untuk pengukuran kalori yang lebih akurat.

Bagaimana? Keren bukan?