Tips Membuat Cadangan Backup iOS

Tips Membuat Cadangan Backup iOS

3

Tips Membuat Cadangan Backup iOS

Sistem operasi iOS memang didesain Apple agar menjadi sistem operasi yang stabil dan cepat. Meskipun begitu, iOS tidak akan pernah luput dari kesalahan. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk melakukan pencegahan dari berbagai hal yang tidak diinginkan nantinya. Salah satu caranya adalah dengan melakukan pencadangan atau melakukan backup.

Mencadangkan keseluruhan iOS memang cukup penting. Selain mencegah berbagai kemungkinan terburuk, kita juga akan merasa lebih tenang ketika masalah terjadi pada perangkat iOS milik kita.

Kamu tinggal melakukan reset lalu mengembalikan semua data melalui sistem backup. Nah karena begitu pentingnya melakukan backup secara berkala, berikut ini adalah tips membuat cadangan backup iOS yang harus kamu ketahui.

Baca Juga:  Cara Menghubungkan Windows Phone ke Mac

Backup Melalui iCloud

Backup melalui iCloud ini merupakan standar default yang paling mudah. Yang perlu kamu lakukan adalah menghubungkan perangkat iOS ke akun iCloud milikmu dan biarkan ia bekerja. IOS akan mencadangkan banyak hal, seperti pengaturan perangkat, pengaturan aplikasi, data aplikasi, foto (jika perpustakaan foto iCloud dimatikan), dokumen, dan lain-lain.

Tips Membuat Cadangan Backup iOS

Secara default, pencadangan iOS melalui iCloud sangat mudah. Setelah kamu menyambungkan perangkat iOS dengan akun iCloud, kamu cukup masuk ke Pengaturan – iCloud – Cadangan. Kamu bisa melakukan pencadangan secara manual. Namun iOS bisa melakukan pencadangan secara otomatis ketika perangkat iOS sedang diisi baterainya, terkunci, dan tersambung ke Wifi.

Tentu saja kelemahan dari pencadangan ini adalah kamu harus selalu berada dalam jangkauan sinyal Wifi, dan pastikan kamu menggunakan jaringan Wifi yang cepat, stabil, dan kalau bisa yang gratis.

Baca Juga:  Begini Cara Menggunakan Email iCloud

Backup melalui iTunes

Melakukan cadangan di iTunes juga sangat mudah. Kamu cukup menyambungkan perangkat iOS milikmu ke iTunes yang ada di Mac atau PC dan secara default perangkat iOS milikmu akan dicadangkan. Selain pencadangan otomatis, perangkat milikmu juga akan dikenai penyelarasan otomatis, jadi semua konten yang ada di iTunes dan iOS akan selalu sinkron.

Tips Membuat Cadangan Backup iOS

Kelemahan dari backup menggunakan iTunes adalah cadangan file yang terjadi membutuhkan penyimpanan lokal. Kamu harus menggunakan Mac atau PC yang sudah tersimpan pencadangan bila kamu ingin mengambil data pencadangan atau memulihkan perangkat iOS tersebut.

Jika file pencadangan di Mac atau PC menghilang/terhapus/rusak, maka kamu tidak akan bisa memulihkan iOS dengan menggunakan file pencadangan tersebut dan harus membuat pencadangan baru dari awal.

Baca Juga:  Cara Mematikan Suara Ketika Mengetik di iPhone

Lakukanlah pencadangan dengan rutin untuk menghindari berbagai hal yang tidak mengenakan.