Sehebat Apa Siri di Indonesia?

Sehebat Apa Siri di Indonesia?

0

Sehebat Apa Siri di Indonesia?

Siri adalah asisten digital pribadi yang sangat cerdas. Dia mampu mengenali suara alami manusia dan mampu memberikan respon yang sesuai dengan keadaan. Kecerdasannya yang sangat bagus ini membuat Apple tertarik untuk mengakuisisinya.

Semenjak diakuisisi Apple, semua proyek Siri untuk Android dihentikan dan menjadi eksklusif di iOS hingga saat ini. Siri sudah menjadi asisten digital yang bisa diandalkan untuk membantu kehidupan sehari-hari. Namun, kemampuannya hanya maksimal jika dijalankan di U.S dan menggunakan English U.S.

Pengguna iOS di Indonesia tidak perlu khawatir. Meskipun belum mendukung region Indonesia dan Bahasa Indonesia, kamu masih bisa menggunakan Siri dengan bahasa English U.S ataupun bahasa lainnya tanpa harus ganti region Apple IDE maupun region iTunes milikmu.

Namun kemampuannya benar-benar terasa saat kamu berada di U.S sana. Kamu bisa menanyakan berbagai hal. Nah, apakah benar Siri tidak bisa digunakan di Indonesia? Untuk mengetahuinya, mari kita gunakan Siri beserta seluruh fiturnya.

Baca Juga:  Sekarang Apple Music Akan Tampil dengan Tampilan Baru

Kita akan menggunakan Siri berbahasa English U.S. Kita fokus saja kepada fitur dan pertanyaan yang berhubungan dengan lokasi dan konten lokal, seperti mengirim pesan, melakukan pencarian tempat, dan lain-lain.

Kita masih bisa mengirim pesan dengan Siri. Namun kekurangannya adalah, isi pesan harus menggunakan Bahasa Inggris dan juga harus menyebutkan nama kontak sesuai dengan logat dan aksen Inggris.

Jika nama yang kamu sebutkan ke Siri adalah nama Indonesia, kemungkinan besar Siri tidak akan mengenalnya. Untuk lebih pasti, coba sebutkan nomor telepon sebagai tujuan daripada harus menggunakan nama kontak.

Siri, Apple, iOS, iPhone

Kita coba mencari lokasi seperti restoran atau hotel. Cukup cari dengan bahasa Inggris “Show me all of the restaurant / hotel around me” dan Siri bisa melakukannya. Siri juga bisa mencari arah restoran/hotel terdekat hanya dengan perintah suara saja.

Baca Juga:  Cara Menutup Aplikasi pada iPhone tanpa Tombol Home

Siri, Apple, iOS, iPhone

Namun ketika mencoba untuk membuat pemesanan restoran, Siri tidak mampu melakukannya. Fitur ini tidak tersedia di Indonesia.

Kita coba dengan konten olahraga. Kita bisa menanyakan skor berbagai liga sepakbola Eropa, NFL, NBA, dan lain-lain. Kita bisa bertanya tentang hasil pertandingan, jadwal pertandingan, klasemen, daftar pemain, hingga prediksi pertandingan.

Siri, Apple, iOS, iPhone

Kita juga bisa mencari informasi sehari hari seperti cuaca, jam, saham, dan sebagainya.

Sehebat Apa Siri di Indonesia?

Nah, salah satu yang masih belum bisa digunakan adalah tentang Movie. Di Indonesia, kita masih belum bisa mencari film apa saja yang diputar di Bioskop.

Jadi ini adalah salah satu fitur yang belum bisa kita gunakan sejauh ini, meskipun menggunakan bahasa Inggris dan mengganti region ke U.S karena informasi ini berdasarkan lokasi. Namun jika hanya mencari lokasi bioskop terdekat atau mencari film di iTunes, Siri masih bisa melakukannya di Indonesia.

Baca Juga:  Siri Sudah Mendukung Bahasa Melayu. Apa Pendapatmu?

Sehebat Apa Siri di Indonesia?

Kesimpulannya adalah, Siri sebenarnya sudah siap digunakan di Indonesia meskipun beberapa informasinya masih kurang akurat karena dukungan dari informasi pihak ketiga, bahkan fitur pemesanan restoran dan “Movie” masih belum didukung di region ini karena belum adanya informasi dari restoran dan dari bioskop-bioskop lokal di Indonesia.

Bagaimana? Kamu sering menggunakan Siri?