Memulihkan Mac OS X dengan Time Machine

Memulihkan Mac OS X dengan Time Machine

2

Memulihkan Mac OS X dengan Time Machine

Mac adalah komputer yang sempurna dan tanpa cela? Pernyataan itu menurut saya terlalu berlebihan. Mac dengan OS X tetaplah sebuah mesin buatan manusia yang hampir bisa dipastikan tidak sempurna. Mungkin hanya saja, Mac OS X beberapa tingkat lebih baik di antara pesaing yang lain. Hal ini yang menyebabkan banyak orang salah kaprah, hingga menganggap Mac OS X tidak bisa rusak.

OS X tidak ada yang sempurna. Meskipun jauh lebih stabil, namun suatu waktu dia bisa saja mengalami masalah. Jika suatu waktu kamu bisa menyembuhkan sistem operasi lain dengan cara install ulang, kamu tidak bisa semudah dan seenaknya saja menginstall ulang OS X. Namun jangan pesimis dulu, selalu ada jalan. Kita masih bisa menggunakan Time Machine untuk memperbaiki OS X kita yang rusak bila suatu saat OS X terkena masalah.

Baca Juga:  Memperbaiki Mac yang Mati Total, Bootloop, Gagal Booting, dan Lain-Lain

Time Machine adalah perangkat lunak yang diciptakan oleh Apple untuk mencadangkan segala sesuatu yang ada pada OS X. Kamu akan mendapatkan pencadangan yang sangat lengkap dari waktu ke waktu. Bila mana kamu mendapatkan OS X milikmu sudah rusak, kamu bisa kembali ke keadaan yang sama dengan saat Time Machine mencadangkannya. Enak kan? Rasanya seperti punya mesin waktu, bisa kembali ke mana saja bahkan saat OS X tidak mengalami kerusakan juga bisa.

Sebelum kamu memulihkan OS X dengan menggunakan Time Machine, tentu saja kamu harus mempunyai backup alias cadangan yang ada di Time Machine. Untuk langkah-langkah membuat cadangan Time Machine ada di tulisan ini -> Membuat Backup dengan Time Machine.

Baca Juga:  Rekam Tampilan Layar iPhone Dengan QuickTime

Setelah kamu punya cadangan Time Machine, kamu bisa memulihkan OS X dengan beberapa langkah mudah berikut ini :

  1. Pilih Masuk Time Machine dari menu Time Machine.
  2. Kamu bisa mencari waktu yang kamu mau. Pilih saja sesuai keinginan.
    Memulihkan Mac OS X dengan Time Machine
  3. Klik Pulihkan untuk memulai pemulihan.
  4. Tunggu hingga selesai

Nah, lumayan gampang kan? Jika proses pemulihan berhasil, maka kamu akan mendapati OS X yang sama dengan waktu kamu memilih cadangan tersebut. Bagaimana? Kamu sudah pernah coba?