Berbagai Aplikasi Pemetaan dan Navigasi untuk iOS

Berbagai Aplikasi Pemetaan dan Navigasi untuk iOS

0

Berbagai Aplikasi Pemetaan dan Navigasi untuk iOS

Perangkat iOS seperti iPhone dan iPad punya banyak sekali ketersediaan aplikasi yang bisa diunduh di App Store. Sehingga pengguna bisa meningkatkan dan menambah berbagai fungsi serta fitur yang sebelumnya tidak bisa dilakukan dengan aplikasi bawaan saja. Namun, pengguna juga akan menemukan berbagai aplikasi serupa yang sudah ada di paket aplikasi bawaan yang menawarkan berbagai fungsi yang unik dan berbeda. Salah satunya adalah aplikasi navigasi.

Apple Maps adalah aplikasi peta bawaan untuk iOS. Apple Maps adalah aplikasi peta buatan Apple yang diluncurkan bersamaan dengan iOS 6. Apple merancang aplikasi peta sendiri untuk mengurangi ketergantungan mereka kepada Google Maps serta berbagai layanan Google lainnya. Nah, tentu saja ada beberapa aplikasi Navigasi yang tersedia di App Store yang bisa kita gunakan. Apa saja aplikasi itu?

Apple Maps

Apple Maps tentu saja menjadi aplikasi pertama dan utama yang bisa digunakan di iOS. Apple Maps terintegrasi dengan sangat sempurna dengan seluruh sistem operasi iOS. Jadi, secara default semua kebutuhan peta dan navigasi akan ditangani oleh Apple Maps. Aplikasi ini sangat cepat dan ringan dan mampu memberikan berbagai fitur umum pemetaan dan navigasi yang cukup bagus. Secara fitur aplikasi Apple Maps belum sehebat aplikasi navigasi populer seperti Google dan HERE Maps.

Baca Juga:  Ayo Download Musik ke iPhone dan iPad via Apple Music

Berbagai Aplikasi Pemetaan dan Navigasi untuk iOS

Pada saat pertama kali Apple meluncurkan Apple Maps bersamaan dengan iOS 6, Apple Maps mendapatkan banyak kritik karena berbagai kasus kurang menyenangkan. Mulai dari data peta  yang sangat minim hingga sistem navigasi yang buruk. Sekarang ini, Apple Maps dikabarkan sudah mampu membuat pengguna iOS tertarik untuk menggunakannya dan tercatat penggunaannya lebih tinggi dari Google Maps.

Google Maps

Google Maps bisa dibilang merupakan aplikasi pemetaan paling populer. Google sudah sangat berpengalaman dalam hal pemetaan digital. Hal ini sangat wajar mengingat Google memang sudah sangat lama mengembangkan aplikasi pemetaan Google Maps. Bahkan sebelum kemunculan sistem operasi raksasa seperti iOS dan Android, Google Maps sudah eksis duluan.

Berbagai Aplikasi Pemetaan dan Navigasi untuk iOS

Google Maps pertama kali muncul sebagai sebuah layanan pemetaan yang bisa diakses melalui web. Namun sebagai aplikasi, Google Maps mulai tersedia di ponsel Java lawas. Saat itu sudah tersedia secara gratis dan bisa diunduh dan digunakan. Versi Java aplikasi ini bisa gunakan juga untuk perangkat cerdas Symbian hingga akhirnya Google merilis aplikasi Google Maps secara native untuk Symbian.

Baca Juga:  Apa Itu Verifikasi Dua Langkah Apple ID?

Google Maps untuk Symbian ini adalah aplikasi pertama yang mampu memberikan sistem lokasi tanpa dukungan GPS. Aplikasi ini mengandalkan data operator untuk memberikan informasi lokasi. Untuk perangkat Symbian tanpa GPS, tentu saja ini adalah sebuah berkah. Bagi perangkat Symbian dengan dukungan GPS, Aplikasi ini mampu memberikan dukungan lokasi yang lebih akurat karena ponsel GPS waktu itu masih sulit menangkap sinyal. Ponsel Symbian yang sangat populer membantu Google Maps mendongkrak popularitasnya.

Google Maps diluncurkan untuk Blackberry, dan popularitasnya meledak seiring meledaknya popularitas Blackberry. Popularitas Google Maps semakin meningkat semenjak iPhone diluncurkan dan Google Maps menjadi aplikasi bawaan. Google Maps juga menjadi aplikasi bawaan Android. Popularitasnya semakin menjadi-jadi ketika popularitas Android juga ikut meledak. Tidak heran bila Google sudah sangat berpengalaman dalam hal pemetaan digital.

HERE Maps

HERE Maps adalah versi baru dari Nokia Maps yang dikembangkan oleh Nokia. Unit bisnisnya sekarang sudah dijual dan bukan lagi menjadi bagian dari Nokia. Namun HERE Maps tetap dianggap sebagai aplikasi pemetaan terbaik karena berbagai keunggulannya yang mungkin tidak dimiliki oleh banyak aplikasi.

Baca Juga:  Apa itu Wifi Assist dan Bagaimana Cara Menggunakannya?

Berbagai Aplikasi Pemetaan dan Navigasi untuk iOS

Nokia juga bisa dikatakan sangat berpengalaman dalam hal pemetaan mobile. Nokia Maps selalu menjadi andalan Nokia saat Symbian masih merajai pasaran. Nokia sudah sering berkompetisi dengan Google dalam hal pemetaan. Kualitas Nokia Maps tidak perlu dipertanyakan lagi. Aplikasi ini sangat eksklusif untuk perangkat Nokia saja dan tidak untuk perangkat lain.

Hingga pada suatu ketika Nokia memilih bekerja sama dengan Microsoft dalam hal penggunaan Windows Phone, Nokia membawa aplikasi itu secara eksklusif ke perangkat Lumia. Aplikasi ini menjadi andalan Nokia dalam merebut hati penggunanya. Salah satunya adalah dengan memberikan fitur Navigasi Offline.

Navigasi offline adalah fitur yang belum dimiliki oleh Google Maps maupun Apple Maps waktu itu. Keberadaannya sangat bermanfaat untuk menjelajahi berbagai tempat tanpa sambungan internet. Bukan cuma satu kota atau satu provinsi, namun bisa satu negara secara penuh. Lengkap deh pokoknya.

Nah itu dia tiga aplikasi pemetaan dan navigasi paling populer untuk iOS. Untuk tulisan berikutnya akan saya paparkan review dari aplikasi-aplikasi tersebut.