Membersihkan File Sampah di iOS Secara Otomatis

Membersihkan File Sampah di iOS Secara Otomatis

0

Membersihkan File Sampah di iOS secara otomatis

Sistem operasi iOS punya banyak sekali kelebihan dan fitur-fitur di dalamnya. Bila kita masih merasa kurang, kita bisa menambah kemampuan perangkat iOS milik kita. Salah satunya adalah dengan mengunduh aplikasi di App Store.

Bila perangkat iOS kita hanya punya memori penyimpanan yang terbatas, tentu tidak akan banyak aplikasi yang bisa kita pasang. Kita pun harus senantiasa menghapus cache aplikasi tertentu untuk membebaskan memori.

Menghapus cache aplikasi juga kadang masih menyisakan sampah cache yang entah bagaimana cara menghapusnya. Namun sadarkah kita, aplikasi yang kita pasang juga semakin lama semakin bertambah ukurannya?

Berbagai sampah akan terus menumpuk dalam sistem ios milik kita. Sebenarnya ada beberapa aplikasi yang diklaim mampu menghapus file file sampah tidak jelas tersebut. Namun, setelah saya mencobanya, tetap saja hanya bisa membebaskan beberapa MB saja.

Baca Juga:  Duolingo Diupdate, Kamu Bisa Belajar Bahasa Baru melalui Chat dengan AI Bot

Sangat janggal melihat aplikasi semisal LINE di sistem tertulis memakan 800MB, padahal ukuran LINE kurang dari 100MB. Ternyata berbagai macam sampah sudah menumpuk di aplikasi tersebut. Ini baru satu contoh aplikasi, bagaimana jika ada puluhan aplikasi yang menumpuk sampahnya? Bagaimana solusinya?

Gunakan Pembersihan App Store

Salah satu cara paling manjur dan pastinya aman adalah dengan pembersihan melalui App Store. Cara ini bisa sebenarnya sangat mudah sekali. Beginilah caranya :

  1. Pilih aplikasi / game yang berukuran besar di App Store. Game tersebut harus bisa kamu download, entah apakah itu aplikasi/game gratisan atau aplikasi/game berbayar yang sudah pernah kamu bayar dan sudah pernah didownload. Saya memilih Infinity Blade III yang berukuran hampir 2GB.
  2. Pastikan memori tersisa kamu sudah benar-benar sedikit, dan lebih sedikit dari kapasitas aplikasi/game yang akan kamu download.
  3. Masuk ke App Store lalu paksa download aplikasi/game tersebut. Sistem ios akan menunggu beberapa saat, lalu memberikan peringatan bahwa kapasitas memori tidak mencukupi.
  4. Selesai
Baca Juga:  Cara Mengembalikan Foto dan Video yang Terhapus di iPhone dan iPad

Hanya seperti itu? Ya. Namun tahukah kamu, bahwa sebenarnya saat kita memaksa mendownload aplikasi/game yang melebihi kapasitas, maka sistem iOS akan membersihkan berbagai file sampah, termasuk di dalam aplikasi? Coba saja, dan saat kamu memaksa download lalu muncul peringatan bahwa kapasitas memori kurang, langsung saja tekan tombol home dan lihat apa yang terjadi.

Membersihkan File Sampah di iOS secara otomatis

Yup. Ios akan memindai keseluruhan sistem dan menghapus file sampah. Semua foto dan video yang sudah terunggah ke iCloud juga ikut dihapus. Saya sudah mencobanya. File sistem saya yang awalnya tersisa 1GB bisa menjadi 2.5GB.

Semua file sampah sudah hilang. Satu hal lagi, meskipun bisa membabat habis semua file sampah, namun kadang trik ini juga tidak bekerja. Jadi, saat akan menghapus file sampah, pastikan memori sudah benar-benar sedikit, dan aplikasi/game yang akan kamu download harus berukuran sangat besar.

Baca Juga:  Akhirnya IOS 10 dan macOS Sierra Beta Tersedia Untuk Publik

Bagaimana? Mudah bukan?

Apakah trik membersihkan cache ini sudah berhasil di perangkat iOS milikmu?