Cara Menghemat Kuota Internet di OS X

Cara Menghemat Kuota Internet di OS X

1

Cara Menghemat Kuota di OS X

Koneksi internet sudah menjadi kebutuhan primer saat ini. Hampir setiap orang, khususnya yang tinggal di kota besar, pasti membutuhkan internet dalam kehidupan mereka sehari-hari. Apalagi penulis MacPoin, internet adalah suatu kebutuhan primer dan wajib untuk selalu ada heheee.

Selain untuk menulis artikel, juga untuk mencari inspirasi dalam menulis dengan browsing-browsing di internet. Belum lagu untuk mengunduh aplikasi untuk direview. Wah, intinya internet adalah kebutuhan primer buat saya.

Namun apa jadinya jika koneksi internet kita adalah koneksi yang terbatas pada kuota? Kita tentu harus jeli dalam berhemat. Komputer dengan sistem operasi OS X dikenal cukup boros data. Banyak sekali background task yang bila kita tidak tahu, bisa menyedot kuota lebih banyak.

Contohnya saya, yang hanya menulis di MacPoin namun terkadang kuota bisa terkuras sampai beberapa ratus MB. Wah parah bener ya. Sebenarnya apa saja yang terjadi kok bisa kesedot banyak? Bagaimana cara mencegahnya?

Baca Juga:  iCloud Sekarang Menyediakan Kapasitas 2 TB

 

Matikan Auto Update

Cara Menghemat Kuota di OS X

Penyebab pertama dan paling utama adalah pengaturan default dari OS X itu sendiri. Secara default, OS X akan memeriksa dan mengunduh update secara otomatis. Jadi, pengguna tidak perlu melakukannya secara manual. Apakah fitur ini bermanfaat? Tentu saja, karena kita tidak perlu repot-repot mengecek pembaruan lalu memasangnya. Semua terpasang secara otomatis.

Namun bila kita menggunakan sambungan dengan kuota pribadi, maka hal ini akan menjadi sebuah bencana. Bagaimana tidak, update lebih dari 600MB berjalan dengan seenaknya saja. Ya enak sih semua langsung terupdate, tapi ya kuota langsung jebol. Solusinya, masuk ke preferensi sistem lalu pilih App Store. Cukup aktifkan pengecekan otomatis, sisanya pilih manual saja.

Baca Juga:  Cara Mengembalikan Foto dan Video yang Terhapus di iPhone dan iPad

 

Matikan iCloud Photo Library

Cara Menghemat Kuota di OS X

iCloud foto library ternyata juga menyimpan banyak misteri. Salah satu misterinya adalah kasus penyedotan kuota secara brutal. Ya, iCloud Photo Library akan selalu mengecek dan menyelaraskan semua foto yang ada di perpustakaan foto iCloud. Baik itu dari iPhone, iPad, maupun dari Mac itu sendiri.

Solusinya?

Matikan saja fitur ini. Masuk ke aplikasi foto lalu masuk ke menu preferensi. Hilangkan tanda centang pada iCloud Photo Library. Maka fitur ini akan mati. Bagaimana jika kamu masih ingin fitur ini tetapi tidak ingin menghabiskan banyak kuota? Ada caranya, yaitu dengan menjeda (pause) sinkronisasinya secara manual. Kita bisa menjeda selama satu hari penuh, sehingga bisa menghemat kuota karena sinkronisasi akan dimatikan.

Baca Juga:  Cara Agar OS di VirtualBox Bisa Mengakses USB Flashdisk di MacBook

 

Gunakan Browser dengan Penghemat Data

Ingin browsing yang hemat? Gunakan browser yang bagus dan mampu menghemat penggunaan data. Secara fitur, Safari memang browser yang luar biasa, namun cukup boros dalam hal penggunaan data. Fitur penghemat data masih belum ada di Safari.

Banyak kok browser yang bisa menghemat data. Kalau saya lebih memilih Chrome, karena keseimbangan antara kemampuan fitur dan kemampuan menghemat kuota. Browser lain juga banyak kok.

Cara Menghemat Kuota di OS X

Oke, cukup mudah kan?

Bagaimana? Ada cara lain untuk menghemat kuota selain mematikan koneksi internet? :))