Tips dan Panduan Membeli iPhone dan iPad Bekas Berkualitas

Tips dan Panduan Membeli iPhone dan iPad Bekas Berkualitas

2

Tips membeli iPhone atau iPad Bekas

Tips dan Panduan Membeli iPhone dan iPad Bekas Berkualitas – Membeli iPhone atau iPad bekas memang susah susah gampang. Selain harus jeli terhadap perangkat tersebut, kita juga harus jeli kondisi kondisi lainnya.

Misalnya saja harga yang ditawarkan. Bagaimana bisa sangat murah? Apakah ini barang curian? Apakah sudah di-jailbreak? Nah tips ini akan membantu kamu yang sedang mencari perangkat iPhone atau iPad bekas namun tetap berkualitas.

Lebih Baik Beli iPhone COD

Membeli barang bekas, khususnya iPhone dan iPad, lebih baik dengan datang ke tokonya langsung. Jika penjualnya adalah perorangan atau individu, lebih baik kita ketemuan secara langsung alias COD.

Tujuannya tentu saja, untuk mencegah kita membeli kucing dalam karung. Kita bisa mengecek langsung calon iPhone atau iPad yang akan kita beli. Bisa ajak teman untuk menemani proses COD. Kalau COD, dijamin tidak ada tipu-tipu.

Kalau cocok ya bayar, kalau tidak cocok ya tinggalkan saja. Bahkan jika saat COD iPhone atau iPad nya ketahuan tidak asli, kalau merasa cocok ya bayar saja kan ha ha… 

Cara Cek Keaslian iPhone Asli

Tujuan dari COD adalah agar kita bisa mengecek secara langsung calon barang yang mau kita beli. Tentu saja, kita bisa mengecek keasliannya. Cara mengecek keaslian iPhone atau iPad sebenarnya sangat gampang. Ikuti saja langkah-langkah ini :

  1. Langsung saja buka App Store. Lihatlah. Jika yang terbuka adalah App Store, berarti iPhone atau iPadnya asli. Kalau yang terbuka adalah Google Play Store (atau mungkin saja Windows Store atau Blackberry App World :v), berarti iPhone atau iPad itu tidak asli.

Nah, sederhana banget kan hihihi.

Untuk mengecek lebih detail, seperti legalitas barang, sisa garansi, dll, kita bisa lakukan beberapa langkah berikut ini :

  1. Pastikan IMEI yang tercantum di belakang casing, di kardus, dan di dalam sistem (Setting-General-About) menunjukkan IMEI yang sama. Jika IMEI tidak sama semua, patut dicurigai. Jika sama, lanjut ke langkah berikutnya.
  2. Buka Situs Self Solved Apple lalu masukkan IMEI tersebut. Pastikan IMEI yang kamu masukkan adalah sama dengan IMEI yang ada di iPhone atau iPad tersebut.
  3. Jika IMEI dikenali, maka akan muncul beberapa informasi seperti pembelian hingga sisa garansi. Jika IMEI dikenali tetapi tidak ditandai sebagai pembelian yang valid, maka patut dicurigai juga.Bisa saja iPhone atau iPad ini adalah barang curian dari toko. Karena sepengetahuan saya, bila beli di Toko Ritel resmi maka pihak toko akan melakukan input data ke server Apple sebagai pembelian valid.
    Tips membeli iPhone atau iPad Bekas

Cara Cek Fisik dan Kualitas iPhone Bekas

Jika cek keaslian sudah beres dan merasa cocok, lanjut ke cek fungsionalitas. Beberapa yang wajib dicek adalah sebagai berikut :

  1. Apakah ada dent/lecet/baret atau tidak.
  2. Coba apakah perangkat bisa dinonaktifkan dan diaktifkan lagi dengan baik.
  3. Charger, headset, dan aksesoris bawaan lainnya. Apakah bisa digunakan atau tidak.
  4. Pastikan iCloud sudah kosong. Cek di Setting-iCloud.
  5. Pastikan touchscreen berfungsi dengan baik.
  6. Pastikan kamera belakang maupun depan bekerja dengan baik. Cek juga lampu flash bila ada.
  7. Coba masukkan kartu SIM dan uji kualitas sinyal, suara, serta kualitas paket data.
  8. Bluetooth dan Wifi. Dua fitur ini sangat penting dalam dunia yang serba tanpa kabel seperti sekarang. Apakah perangkat bluetooth bisa tersambung? Apakah bisa tersambung ke Wifi?
  9. Pastikan iOS nya masih perawan dan belum di-jailbreak. Pastikan tidak ada aplikasi aneh-aneh seperti Cydia atau aplikasi jailbreak lainnya.
  10. Pastikan speaker berfungsi dengan baik, saat memutar musik maupun melakukan panggilan.

Pertimbangkan Harga dan Garansi iPhone

Pastikan harga yang sudah disepakati masuk akal. Maksudnya adalah tawar terus harganya, kalau perlu ke harga yang kurang masuk akal. Jika penjual tetap ngotot tidak mau, ya jangan dipaksakan lagi.

Namun bila penjual dengan mudahnya mau melepas dengan harga rendah, wajib diwaspadai. Pernah ada kejadian, penjual awalnya ngotot tidak mau memberikan iPhone dengan harga yang sangat rendah. Namun akhirnya mau dengan alasan lagi butuh uang. Ternyata iPhonenya adalah barang yang mesinnya sudah jelek. Sudah barangnya rekondisi, bekas lagi wkwkwk.

Maka saran saya, minta garansi khusus jika dia mau. Terserah mau berapa hari, tapi paling tidak satu minggu. Selama masa itu, coba semua fiturnya. Jika ada yang kurang cocok, bisa langsung dikembalikan sesuai kesepakatan. Syukur syukur kalau beli iPhone masih dalam masa garansi resmi Apple.

Bagaimana? Cukup mudah kan? Ada tips lain?

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!